Mengenal Apa Itu Brand Positioning dan Manfaatnya Untuk Perusahaan
Dalam hal pemasaran produk, ada yang namanya strategi marketing, salah satunya yaitu Brand Positioning. Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal apa itu Brand Positioning dan bagaimana menciptakannya?
Brand Positioning menjadi salah satu strategi marketing terbaik untuk menciptakan branding, lebih tepatnya Brand Positioning bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan lebih dekat kepada konsumen.
Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu Brand Positioning dan apa saja manfaatnya untuk perusahaan, simak artikel ini sampai tuntas yuk!
1. Apa Yang Dimaksud Brand Positioning?
Brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengenalkan perusahaan lebih dekat kepada konsumen. Atau bisa dikatakan adalah cara memperkenalkan perusahaan agar dapat diingat baik oleh konsumen atau mendapatkan tempat khusus dari konsumen.
Caranya adalah dengan menempatkan nama perusahaan atau produk dengan baik di kepala konsumen sehingga mereka selalu mengingatnya. Bisa dikatakan bahwa perusahaan harus bisa membuat konsumen jatuh cinta terhadap produknya karena kesan unik yang dibangun oleh perusahaan.
2. Mengapa Brand Positioning Penting Bagi Perusahaan?
Dari pengertian diatas sebenarnya kita bisa menarik kesimpulan jika Brand Positioning bertujuan untuk mengenalkan perusahaan lebih dekat kepada konsumen. Caranya adalah dengan menempatkan nama perusahaan atau produk dengan baik di kepala konsumen sehingga mereka selalu mengingatnya.
Brand Positioning sangat penting untuk mengetahui tentang sejauh mana brand dianggap berbeda, menguntungkan, terpercaya, dan kredibel di dalam benak konsumen sehingga timbul keinginan untuk selalu membelinya.
Strategi ini dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan.
3. Lalu, Bagaimana Cara Menciptakan Brand Positioning?
Yang paling penting dari hal ini adalah bagaimana kalian bisa menciptakan kesan yang unik dan berbeda dari prodak yang lain, dan dari situlah prodak kalian akan terus diingat konsumen.
Berikut ini adalah cara menciptakan Brand Positioning:
- Temukan bagaimana brand kalian menempatkan diri di pasar atau di kepala konsumen saat ini.
- Temukan pesaing-pesaing kalian terutama yang paling berkaitan dengan produk kalian.
- Mempelajari bagaimana para kompetitor tersebut menempatkan brand mereka di pasar.
- Membandingkan posisi brand kalian dengan pesaing. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunikan brand kalian dan menemukan celah pada brand pesaing.
- Mengembangkan ide untuk menempatkan posisi yang berbeda dan bernilai.
4. Contoh Brand Positioning
- National Geographic
Dengan lebih dari 207 juta pengikut, National Geographic adalah salah satu merek dengan pengikut terbanyak di Instagram. Daya tarik merek ini terdapat pada narasi visualnya.
National Geographic memberikan kebebasan berkarya kepada fotografer nya, yang menjadikan kontennya menjadi orisinil dan autentik. Bahkan keterangannya ditulis oleh fotografer, memberikan perspektif yang berbeda tentang subjek tersebut.
- Starbucks
Starbucks menciptakan Brand Positioning mereka untuk kalangan menengah ke atas, yang ingin membeli produk premium. Selain itu perusahaan ingin menjadikan dirinya “Tempat Ketiga” tempat antara rumah dan kantor, di mana pelanggan dapat berkumpul, bersantai, dan berinteraksi satu sama lain.
Strategi menulis nama pelanggan mereka di cup minum juga menjadi strategi yang dibuat starbucks untuk menciptakan Brand Positioning yang berbeda dari produk lainnya. Strategi ini telah menjadi budaya yang disukai pelanggan, terbukti dari jutaan postingan yang di upload oleh konsumen starbucks.
- Nike
Nike memulai bisnis mereka dengan fokus pada kinerja dan inovasi. Fokusnya adalah pada atlet dan tim olahraga. Jika dilihat dari postinganya di social media nike tidak secara terang-terangan memamerkan produknya. Namun, nike menciptakan Brand Positioning mereka dengan melibatkan atlet, influencer, dan public figure yang bertujuan untuk menginspirasi orang lain.