Lebih dari Sekedar Merekrut Karyawan, Ini Lho Tugas Utama HRD!
Pasti kalian udah gak asing lagi kan dengan divisi HRD atau Human Resource Development. Tapi, apa sih yang ada di benak kalian saat mendengar HRD? Apakah itu soal Rekrutmen, Tenaga Kerjaan atau Training?
Yap, gambaran di atas memang cukup menggambarkan profesi HRD dan ruang lingkup pekerjaannya. Tapi, benarkah divisi HRD hanya mengerjakan itu saja? Tentu tidak, divisi ini bertanggung jawab terhadap hal yang lebih kompleks dari yang selama ini kalian pikirkan lho.
Dalam artikel ini, yuk kenali lebih jauh tugas utama divisi HRD di perusahaan.
A. Sekilas tentang HRD (Human Resource Development)
Melansir dari talenta.co, Human Resource Development atau yang biasa kita singkat HRD merupakan bagian di perusahaan yang bertanggung jawab mengelola karyawan dalam berbagai aspek.
Singkatnya, HRD akan membantu perusahaan untuk mengembangkan potensi karyawan secara maksimal melalui berbagai cara seperti misalnya lewat pelatihan karyawan dan pengembangan karir.
Pada akhirnya, usaha-usaha tersebut akan mengembangkan potensi dan skill karyawan sekaligus meningkatkan efektivitas dan performa di dalam perusahaan.
Human Resource Development memiliki beragam tanggung jawab terhadap karyawan suatu perusahaan.
Beberapa tanggung jawab tersebut mencakup payroll, kompensasi serta tunjangan, perekrutan karyawan baru, pemberhentian kerja, kontrak kerja, sistem absensi, hingga career development.
B. Lalu, Apa sih Fungsi dari HRD?
Berikut beberapa fungsi divisi Human Resources Development di perusahaan :
- Menyadari kebutuhan rekrutmen saat ini dan yang mendatang.
- Memastikan kepatuhan terhadap hukum terkait ketenagakerjaan yang berlaku.
- Mendapatkan dan mempertahankan karyawan berpotensi.
- Mengelola kompensasi dan benefit karyawan.
- Memastikan efektivitas hubungan karyawan.
- Mengelola onboarding, pelatihan, learning and development untuk memaksimalkan performa kerja.
- Menerapkan tindakan yang mendukung kesehatan dan keselamatan.
- Mengelola tugas administrasi seperti data karyawan, payroll, hingga perpajakan.
- Menyelenggarakan evaluasi performa.
C. Nah, ini Beberapa Tugas Utama HRD yang Penting untuk Kalian Ketahui!
1. Perencanaan
Tugas utama dari HRD yakni melakukan perencanaan. Dalam hal ini, perencanaan yang dimaksud adalah perencanaan tenaga kerja. Perencanaan yang dilakukan yakni memperkirakan atau merencanakan kebutuhan tenaga kerja di sebuah perusahaan. Tidak hanya untuk karyawan baru, tapi juga untuk menyiapkan SDM berkompeten. Tugas ini adalah untuk mengetahui kebutuhan organisasi di masa depan, orang seperti apa yang dibutuhkan perusahaan dan berapa banyak.
2. Rekrutmen dan Seleksi
Mungkin banyak diantara kalian yang mengetahui tugas HRD hanya merekrut karyawan saja. Tapi, merekrut karyawan pun bukan pekerjaan yang mudah. Butuh keterampilan lebih seperti komunikasi bahkan marketing. Keterampilan ini akan mempengaruhi kualitas rekrutmen.
Tentu saja tugas pertama HRD adalah mengumpulkan karyawan berpotensi. Pekerjaan ini dimulai dari melakukan pencarian kandidat, proses interview dan asesmen, hingga onboarding.
Tugas ini sangatlah berpengaruh terhadap tugas HRD selanjutnya. Jika gagal, mendapatkan SDM berpotensi HRD akan berhadapan dengan kesulitan pengembangan talenta, rasio turnover hingga masa depan kepemimpinan.
3. Training dan Development
Setelah merekrut SDM yang memiliki potensi agar karyawan dapat memberikan kemampuan terbaiknya di perusahaan, HRD juga harus mendukung penuh program pendidikan dan pengembangan untuk karyawan.
Biasanya, untuk melakukan program ini HRD menyelenggarakan secara mandiri maupun menggunakan jasa dari luar seperti mengikuti kelas training yang diadakan PERSA.
Para HRD sebaiknya tidak menganggap remeh tugas ini, karena program ini juga dapat menambah kemampuan karyawan dengan metode yang tepat sehingga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
4. Manajemen Kinerja dan Evaluasi
Ini juga menjadi tugas yang penting dari HRD. HRD harus memastikan karyawan bekerja dengan produktif dan kondusif.
Manajemen kinerja yang baik juga melibatkan kepemimpinan yang baik, penetapan tujuan dan target yang jelas, serta feedback yang terbuka.
5. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman
Menyatukan puluhan, ratusan bahkan ribuan karyawan dengan usia, sifat, karakter dan cara berpikir yang berbeda menjadi tantangan besar.
Setidaknya, diperlukan 3 aspek penting yang dibutuhkan HRD untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawan :
- Memastikan karyawan mengikuti peraturan perusahaan.
- Berkomitmen terhadap nilai perusahaan.
- Menjadi jembatan komunikasi antara karyawan dan manajemen.
Nah, itu dia beberapa tugas utama yang dikerjakan divisi HRD. Jadi, jangan beranggapan kalau HRD bekerja hanya merekrut karyawan saja ya.
Dari beberapa tugas dan tanggung jawab diatas apakah kamu tertarik memulai karir di bidang HR?
Source :
https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/arti-fungsi-dan-tugas-human-resource-development/